Sunday, June 3, 2012

Mini Survey : Guru Efektif di Masa SMA


Beberapa waktu lalu, saya mengadakan mini survey online berkaitan dengan kewajiban sebagai mahasiswa yang mengambil mata kuliah Psikologi Pendidikan di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera. Nah, jadilah saya memilih tema “Guru Efektif di Masa SMA” sebagai tema judul mini survey saya. Memilih temanya bukan hal yang sulit, tapiiii menyusun pertanyaannya yang membuat saya berpikir selama 2 hari (bukan berarti selama ini nggak berpikir). Sepertinya hal yang simpel ya membuat pertanyaan, tapi saya tidak mau asal selesai nih, supaya survey saya juga berkualitas :D
Akhirnya pada 28 Mei 2012 pukul 19.53 waktu Facebook, saya menerbitkan link mini survey saya dan memohon bantuan teman-teman seperjuangan. Ternyata mengumpulkan 50 itu suliiiit. Saya kira awalnya 2 hari selesai, eh ternyata, sempat tuh seharian angka responses-nya di 32 terus. Alhamdulillah, tepat waktu. Nah, di postingan kali ini, saya ingin berbagi hasil mini survey saya. Tenang saja teman-teman, identitas dirahasiakan kok ;))

Kuesioner saya terdiri dari 10 pernyataan yang berkaitan dengan tema mini survey saya. Pernyataannya adalah :
1.      Saya tahu kriteria guru efektif
2.      Guru saya termasuk guru efektif
3.      Guru saya menguasai materi pelajaran dengan baik
4.      Guru saya memiliki strategi pengajaran yang membuat saya mengerti
5.      Guru saya mampu berkomunikasi dengan sangat baik
6.      Guru saya mahir menggunakan teknologi selama proses belajar-mengajar
7.      Guru saya selalu bersemangat saat mengajar
8.      Guru saya sangat perhatian dengan semua muridnya, di dalam dan di luar kelas
9.      Ada pengaruh jenis kelamin guru terhadap keefektifan belajar
10.  Guru efektif adalah yang lebih menguasai materi daripada yang mampu membuat kelasnya mengasyikkan

Sebelumnya, mini survey diisi oleh 50 partisipan. Nah, berikut adalah hasil mini surveynya :D
No.
Pernyataan
Komentar
Yes
No
1
Saya tahu kriteria guru efektif
90%
(45)
10%
(5)
2
Guru saya termasuk guru efektif
84%
(42)
16%
(8)
3
Guru saya menguasai materi pelajaran dengan baik
98%
(49)
2%
(1)
4
Guru saya memiliki strategi pengajaran yang membuat saya mengerti
92%
(46)
8%
(4)
5
Guru saya mampu berkomunikasi dengan sangat baik
96%
(48)
4%
(2)
6
Guru saya mahir menggunakan teknologi selama proses belajar-mengajar
78%
(39)
22%
(11)
7
Guru saya selalu bersemangat saat mengajar

80%
(40)
20%
(10)
8
Guru saya sangat perhatian dengan semua muridnya, di dalam dan di luar kelas
60%
(30)
40%
(20)
9
Ada pengaruh jenis kelamin guru terhadap keefektifan belajar
40%
(20)
60%
(30)
10
Guru efektif adalah yang lebih menguasai materi daripada yang mampu membuat kelasnya mengasyikkan
46%
(23)
54%
(27)

Kesimpulan saya dari hasil mini survey adalah :
·    Dari 50 orang partisipan, 84.75% diantaranya mengetahui dan merasa bahwa guru SMA mereka adalah guru yang efektif dan 15,25% tidak mengetahui dan merasa bahwa guru SMA mereka adalah guru yang efektif
·   Dari 50 orang partisipan, 60% diantaranya menyatakan bahwa tidak ada pengaruh jenis kelamin guru terhadap keefektifan belajar dan 40% lainnya menyatakan bahwa ada pengaruh jenis kelamin guru terhadap keefektifan belajar
·    Dari 50 orang partisipan, 54% menyatakan bahwa guru efektif adalah yang lebih mampu membuat kelasnya mengasyikkan dan 46% lainnya menyatakan bahwa guru efektif adalah yang lebih menguasai materi

Intinya, lebih dari setengah partisipan sudah merasa bahwa guru SMA mereka cukup efektif. Semoga dengan keefektifan para guru di SMA, ada hasilnya di masa perkuliahan ya teman-teman.
Untuk partisipasi para partisipan, saya ucapkan terima kasih banyak. Semoga mini survey yang saya lakukan ini dapat bermanfaat untuk kita semua yaa..

No comments:

Post a Comment