Thursday, June 7, 2012

Before Andragogy Class


Tomorrow is andragogy class!! What is ANDRAGOGY, anyway? Andragogy is the next step of learning after pedagogy (what i’ve learned last week). Flashback, pedagogy is learning model which is used to apply to children. It means, you can guess what andragogy is. Oke, Reds, let’s have some fun!

Andragogi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu andra (orang dewasa) dan agogos (mendidik, membimbing), sehingga kemudian istilah andragogi dirumuskan sebagai seni atau gaya ajar yang diterapkan dan melibatkan orang dewasa ke dalam struktur belajar. Istilah andragogi sendiri pertama kali digunakan oleh Alexander Kapp (1883) dan kemudian dikembangkan menjadi teori pendidikan orang dewasa oleh pendidik Amerika Serikat, Malcolm Knowles.
Teori Knowles tentang andragogi diungkapkan dalam 5 postulat:
1.  Kebutuhan untuk mengetahui. Orang dewasa perlu mengetahui mengapa mereka harus mempelajari sesuatu sebelum mereka mempelajarinya dan perlu dilibatkan dalam perencanaan dan evaluasi dari pembelajaran yang diikuti
2.     Konsep diri. Orang dewasa dianggap mampu untuk mengatur dirinya dan menentukan keputusan-keputusan di dalam hidupnya, serta senantiasa untuk bertanggung jawab atas pilihannya tersebut
3.   Konsep pengalaman. Pengalaman, termasuk pengalaman berbuat salah, menjadi dasar aktivitas belajar
4.     Konsep kesiapan belajar. Orang dewasa memiliki kesiapan untuk mempelajari yang harus mereka ketahui untuk mengatasi kehidupan mereka secara efektif
5.   Konsep orientasi belajar. Orang dewasa menjadi kehidupan sebagai orientasi belajar dan akan selalu termotivasi untuk mencurahkan energi dalam mempelajari hal-hal yang memperluas wawasan mereka

Terus, apa sih perbedaan andragogi dan pedagogi? Dan alasan apa yang membuat seseorang itu harus mengubah gaya belajarnya dari pedagogi ke andragogi?
1.      Dilihat dari sisi siswa/pelajar
Pada pedagogi, siswa sangat bergantung pada guru, seolah-olah semua kegiatan yang berlangsung adalah tanggung jawab guru secara penuh. Sementara pada andragogi, siswa-lah yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap dirinya sendiri, termasuk mengevaluasi kebutuhan dirinya selama proses belajar dan posisi guru hanya sebagai fasilitator
2.      Dilihat dari sisi peran dan pengalaman
Pada pedagogi, pengalaman guru menjadi patokan dan peran siswa sebagai peserta pasif. Sementara pada andragogi, pengalaman siswa menjadi sumber untuk mengidentifikasi penguasaan dirinya dan peran siswa-guru sebagai sumber belajar, dimana siswa dan guru saling belajar satu sama lain
3.      Dilihat dari orientasi belajar
Pada pedagogi, proses belajar dianggap sebagai proses perolehan pengetahuan yang telah ditentukan sebelumnya, materi ajar telah diurutkan secara sistematis dan logis. Sedangkan pada andragogi, siswa-lah yang memilih topik untuk dikuasai atau masalah tertentu untuk dipecahkan dan materi ajar didasarkan pada kebutuhan pelajar, bukan pada topik yang sudah ditentukan.
4.      Dilihat dari motivasi belajar
Pada pedagogi, motivasi belajar bersifat eksternal, misalnya karena disuruh orang tua atau diwajibkan guru di sekolah. Sedangkan pada andragogi, motivasi belajar bersifat internal sehingga ia-lah yang menentukan apa yang ingin dipelajarinya

Serupa dengan sumber di atas, secara lebih khusus, Maurice Gibbons dalam bukunya “The Self-Directed Learning Handbook : Challenging Adolescent Students to Excel” membedakan pedagogi (teacher-directed learning) dan andragogi (self-directed learning) sebagai berikut :

SHIFTS IN THINKING ABOUT TEACHING AND LEARNING
TEACHER-DIRECTED LEARNING
SELF-DIRECTED LEARNING
1.       Guru menentukan tujuan belajar dan apa yang akan dipelajari

2.       Guru menyusun latihan dan tugas untuk belajar

3.       Guru memonitor dan mengevaluasi hasil belajar siswa
1.       Siswa menentukan tujuan belajar dan apa yang ingin dipelajari

2.       Siswa dilibatkan dalam penyusunan tugas dan kegiatan

3.       Siswa dan guru saling mengevaluasi hasil belajar

Okay, Reds, enough for my reviews about what i’ve read about andragogy tonite. Wish i can apply these entry tomorrow at class and hope that what i write tonight are right, at least not wrong at all hehe. Details? Seeya after class!


DAFTAR PUSTAKA :
Google Books : The Self-Directed Learning Handbook: Challenging Adolescent Students to Excel by Maurice Gibbons

No comments:

Post a Comment