Saturday, May 4, 2013

Laporan Pengajaran dan Observasi


TOPIK      :     (6)  Prinsip Hubungan Sekolah & Kehidupan dan Top 10 Kriteria
                        Guru yang Baik
JUDUL      :    Mengajari Anak Memasak Pisang Tabur Keju dan Susu Cokelat

Kelompok 6


BAB 1
PERENCANAAN

1.1              PENDAHULUAN
Mengajar itu memang penting, begitu pula pengajar. Sebuah proses pembelajaran yang baik membutuhkan pengajar yang baik pula. Namun yang juga penting adalah apakah siswa mau dan mampu belajar. Biasanya, seorang anak mau belajar jika ia merasa apa yang dipelajarinya penting, bermanfaat, dan menguntungkan baginya. Untuk itu, diperlukan pembelajaran yang bersifat demikian, salah satunya adalah pembelajaran yang berhubungan antara sekolah dan kehidupan.

        1.2              LANDASAN TEORI
        1.2.1        Prinsip Hubungan Sekolah dan Kehidupan
Dalam kerangka analisis, proses paedagogis menjadi penting untuk mempertimbangkan beberapa prinsip yang memandu proses paedagogis tersebut. Menurut Fatima Addine (2001; dalam Danim, 2010), prinsip paedagogis adalah tesis dasar teori yang menjadi standar dan prosedur tindakan untuk menentukan dasar paedagogis yang paling penting dalam proses pendidikan kepribadian. Addine mengemukakan enam prinsip yang mendasari proses paedagogis.
Namun, kelompok kami memusatkan proses pengajaran hanya pada satu prinsip, yaitu prinsip hubungan sekolah dan kehidupan. Prinsip ini didasarkan pada dua aspek penting, yaitu kaitan antara kehidupan dan pekerjaan sebagai kegiatan yang mendidik manusia. Dengan demikian, setiap konten yang pembelajar ambil di sekolah harus berguna dalam kehidupan sehari-hari, kini, dan kelak.

        1.2.2        Top 10 Kriteria Guru yang Baik
·                     Confidence
·                     Patience
·                     True compassion for students
·                     Understanding
·                   The Ability to look at life in a different way and to explain a topic in a different way
·                     Dedication to excellence
·                     Unwavering support
·                     Willingness to help student achieve
·                     Pride in student’s accomplishments
·                     Passion for life

        1.3              ALAT  & BAHAN
-       Kamera        -   Notebook
-      Pisang          -   Keju              -   Susu cokelat          -   Mentega
-     Pisau            -   Parutan         -   Wajan                  -   Sudip

        1.4              PESERTA DIDIK DAN LOKASI PENGAJARAN
Peserta Didik  :           2 orang adik Raffles dan 3 orang temannya
Lokasi           :           Rumah Raffles

        1.5              JADWAL PELAKSANAAN PENGAJARAN

No.
URAIAN
MARET
APRIL
MEI
1
Diskusi Pemilihan Topik












2
Diskusi Pemilihan Judul dan Teori












3
Pengajaran












4
Pengolahan Data dan Observasi












5
Posting Blog














BAB 2
PELAKSANAAN
  
        2.1       SISTEMATIS PELAKSANAAN PENELITIAN
18 Maret 2013  :  Diskusi Pemilihan Topik
18 Maret 2013  :  Diskusi Pemilihan Judul dan Teori
4 April 2013     :  Pengajaran
12 Apil 2013     :  Pengolahan Data dan Observasi
4 Mei 2013      :  Posting Blog


BAB 3
LAPORAN & EVALUASI

3.1       LAPORAN
Proses pengajaran yang telah dilakukan kelompok berjalan cukup lancar, walaupun banyak kendala yang dihadapi di awal. Pada perencanaan awal, jumlah anak-anak yang akan dilibatkan pada proses belajar-mengajar adalah sebanyak 5 orang. Namun pada hari pelaksanaan, ketiga teman-teman adik Raffles yang direncanakan terlibat, mendadak ketakutan dan mengundurkan diri. Padahal salah satunya sudah hadir di rumah Raffles dan tiba-tiba pulang. Pada akhirnya, Raffles dan Agnesia menjemput temannya yang lain lagi untuk mengikuti proses belajar-mengajar yang akan kami lakukan.
Setelah terkumpul tiga orang anak, akhirnya kami memulai pengajaran. Sepertinya anak-anak cukup mengerti dengan yang kelompok ajarkan. Namun dari data observasi, Kevin dari awal tidak tertarik dengan pengajaran yang akan kelompok lakukan. Agnesia terlihat sangat tertarik, namun masih terlihat malu-malu. Sementara Cantika seringkali mengusili anggota kelompok, namun untungnya ia sangat antusias dengan pengajaran sehingga lebih membantu kelompok melanjutkan pengajaran. Dari sisi pengajar, Merry cukup informatif. Sementara Raffles memerhatikan lebih anak didiknya, khususnya keselamatan mereka karena belajar dengan benda berbahaya. Sedangkan saya, lebih banyak diam dan memerhatikan anak didik agar bagaimana mereka tetap fokus dan tertarik pada pembelajaran ini.
Berikut hasil observasi yang telah kami lakukan berdasarkan rekam gambar proses pengajaran :
Dari sisi peserta didik:
Agnesia
-          Tertawa ; menggigit kuku
-          Membantu menyusun pisang ke papan pemotongan
-          Menjilat tangannya setelah memotong pisang
-  Menjawab ‘nggak mau’ ketika diminta pengajar memotong pisang, tetapi setelahnya memotong pisang juga
-          Menjawab ‘nggak mau’ ketika diminta pengajar memarut keju, tetapi setelahnya memarut juga
-          Mencolek tetesan susu di dinding kaleng susu lalu menjilatnya
-  Memarut keju dengan satu tangan saja, tangan kanan. Gagang parutan dipegang oleh pengajar (Merry) karena Agnes tidak bersedia memegangnya
-          Makan dengan tangan kanan
-          Melambaikan tangan dengan tangan kiri
 
Cantika
-                      Memainkan piring pada saat pengajar melakukan perkenalan
-                      Memakan pisang pertama yang dikupas
-                      Membantu Raffles mengupas pisang berikutnya, lalu mencuci tangan
-                      Tertawa ketika Agnes memotong pisang
-                      Mengangkat tangan ketika ditanya kesediaan memotong pisang terakhir
-                      Memasukkan jari ke hidung (mengupil)
-                     Menggaruk-garuk kepala, menopang dagu ketika pengajar melakukan
       penutupan proses pembelajaran
-                      Melambaikan tangan dengan tangan kanan

Kevin
           -               Menutup mulut, mengangkat satu kaki ke atas kursi, menggaruk leher bagian
           belakang saat pengajar melakukan perkenalan
           -               Menggigit kuku, bertopang dagu, mengetuk-ngetuk meja dengan ujung jarinya
           -               Melipat tangan daan menempelkan dagunya di meja
           -               Menolak ketika diminta untuk memotong pisang
           -               Memarut keju dengan tangan kiri memegang keju dan tangan kanan
           memegang gagang parutan (terbalik)
           -                 Melakukan steepling hand
           -                 Melambaikan tangan dengan tangan kiri
 
Dari sisi pengajar:
Haifa
           -                      Melakukan perkenalan bersama Raffles
           -                      Meminta anak memperkenalkan diri
           -                      Memegang sandaran kursi yang ada di depannya
           -                      Membenarkan jilbab, garuk-garuk
      -                      Tangan kanan banyak bergerak saat berbicara
           -                    Membersihkan sampah kulit pisang, menyisihkan sisa pisang
             yang tidak terpakai
           -                   Diam, mengawasi peserta didik. Menginstruksikan ketika Cantika
             salah memotong pisang
          -                      Memanggil Kevin saat Kevin berdiri agak jauh dari kelompok
          -                      Mengaduk potongan pisang yang sudah ditaburi keju
          -                      Meminta anak didik melambaikan tangan
 
Merry
           -                      Merekam dengan kamera saat Haifa dan Raffles melakukan perkenalan
           -                      Membenarkan kacamata
           -                      Melakukan pointing
           -                      Memperbaiki potongan pisang
           -                      Menyalakan api kompor
           -                      Memberikan contoh parutan keju
           -                      Memegangkan parutan untuk Agnesia
           -                      Membenarkan cara Kevin memarut keju
           -                      Menuangkan susu kental manis cokelat ke atas potongan pisang
           -                      Melambaikan tangan ke arah kamera
Raffles
           -                      Melakukan perkenalan bersama Haifa
           -                      Bertumpu pada sandaran kursi
           -                      Mengupas kulit pisang
           -                      Mengutip pisang yang jatuh
           -                      Memerintahkan anak didik membuang sampah di tempatnya
           -                      Mengoleskan margarine di wajan, mengaduk dengan sudip,
              memindahkan pisang yang sudah masak ke piring
           -                      Menasihati adik-adik agar berhati-hati dengan pisau
           -                      Tidak melambaikan tangan

3.2       EVALUASI
Berdasarkan teori prinsip paedagogis yang dikemukakan oleh Addine “Prinsip hubungan sekolah dan kehidupan”, pengajaran yang telah kami lakukan sudah sesuai. Mengajarkan anak-anak untuk memasak makanan kecil yang dapat mereka nikmati ketika waktu senggang. Dengan pengajaran ini, kami berharap anak-anak dapat membuat makanan kesukaannya sendiri, tidak hanya dapat menikmati hasil jadinya saja.
Berdasarkan teori criteria guru yang baik, pengajaran kami sepertinya belum cukup memenuhi criteria yang ada. Masih terdapat banyak kekurangan dari kami sebagai pengajar, seperti masalah kesabaran dan ketulusan, serta beberapa hal lainnya.

3.3       TESTIMONI
        ·                     Haifa Chairunnisa (11-050)
Saya sangat tertarik dengan tugas ini, karena berhubungan langsung dengan anak-anak. Tetapi pada pelaksanaan saya kesulitan!!! Ternyata mengajar anak-anak itu sulit sekali, tetapi cukup menyenangkan juga. Baru tiga orang padahal, belum sekelas. Sulit membangkitkan minat mereka untuk berpartisipasi, sulit untuk bersabar menghadapi tingkah anak-anak yang sering menjahili kami. Tetapi dari pengajaran ini, saya banyak belajar untuk menghadapi anak-anak yang berbeda-beda. Saya juga jadi merasa bersalah terlalu banyak men-judge guru-guru saya dulu sebagai guru yang tidak baik, karena ternyata untuk menjadi guru itu sulit sekali. Padahal lagi, kami hanya mengajarkan hal-hal yang menurut saya tidak terlalu sulit dan sangat dekat dengan kehidupan. Selain itu, saya juga belajar lebih peka terhadap bahasa nonverbal yang ditunjukkan anak-anak, dan mulai membedakan data observasi dengan penilaian.

        ·                     Merry C. Sitorus (11-054)
Pada awalnya, kelompok kami agak ragu dengan pengajaran yang kami rencanakan, karena kelompok lainnya berkonsep yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Namun setelah dievaluasi oleh Bu Dina, bahwa yang utama ialah mengapa memberikan pengajaran tersebut dan guna pengajaran tersebut bagi anak didik, akhirnya kami yakin untuk memilih topic ini. Saya pribadi sangat tertarik dengan tugas ini, karena tugas ini mendukung kita untuk terlibat dengan anak-anak dan memahami karakter anak. Tugas ini juga merangsang kemampuan observasi saya untuk lebih tajam lagi dalam mengamati perilaku. Tugas ini juga membantu kami mengoreksi kekurangan kami dalam peran pengajar, sehingga kedepannya akan mampu meningkatkan kemampuan kami lebih lagi.

        ·                     Raffles Pardede (11-18)
Menurut saya, pengajaran yang kelompok kami lakukan membuat saya sadar
kalau untuk sebelum membuat suatu metode pengajaran, pengajar harus
memahami apa yang diinginkan peserta didik. Saya melihat peserta didik
sangat antusias membuat pisang baker keju karena mereka menyukai
makanan tersebut. Dengan memanfaatkan hal tersebut, seorang pengajar
bisa memasukkan ilmu pengetahuan tanpa membuat anak didiknya bosan.

No comments:

Post a Comment