Thursday, April 11, 2013

UTS 2012/2013


             1.  Ada beberapa hal yang kelompok kami rencanakan mengenai proses
        pembelajaran oleh kelompok 6, yaitu:

-          Topik pembelajaran berkaitan dengan daftar pustaka : Prinsip Paedagogi ‘Hubungan Sekolah dan Kehidupan’ dan Top 10 Kriteria Guru yang Baik

-          Materi pembelajaran : mengajarkan anak-anak untuk memasak pisang tabur keju dan susu cokelat

-          Jumlah peserta pembelajaran : 4 – 5 orang anak SD, yaitu dua orang adik Raffles beserta tiga orang temannya

-          Waktu pelaksanaan : Kamis, 4 April 2013, pukul 16.00

-          Tempat pelaksanaan : Rumah Raffles

-          Proses : kelompok akan melakukan proses pembelajaran dengan langkah memberikan informasi mengenai cara kerja lebih dulu, lalu memberikan contoh kepada anak, dan terakhir meminta anak mempraktikkan apa yang telah diajarkan dan dicontohkan oleh kelompok sebagai pengajar

Jika dibahas berdasarkan topik Paedagogi Praktis Abad ke-21...
Paedagogi praktis adalah tinjauan paedagogi dilihat dari kegiatan sebagai pengajar di lapangan, atau dengan kata lain, paedagogi praktis merupakan bentuk aplikasi dari paedagogi teoritis. Mengaplikasikan ilmu paedagogi di lapangan tentunya harus didasari ilmu paedagogi yang terlebih dulu.
    
Kelompok kami mencoba melakukan pengajaran dengan berdasar pada salah satu teori paedagogi, yaitu prinsip hubungan sekolah & kehidupan dan kriteria guru yang baik.

Prinsip hubungan sekolah dan kehidupan mengarahkan pengajar untuk menjadikan pembelajaran yang didapat anak didik selalu berhubungan dengan kehidupan sehari-hari sehingga ilmu pengetahuan yang didapatkannya dapat diaplikasikan dan berguna bagi kehidupannya. Berdasar teori tersebut, kelompok kami berusaha memilih materi pelajaran yang berguna dan dapat langsung diaplikasikan anak didik ke kehidupan sehari-hari. Materi belajar memasak dianggap cukup dekat dengan kehidupan anak didik, apalagi makanan pisang tabur keju dan susu cokelat merupakan salah satu makanan yang disukai anak didik. Sehingga alangkah baiknya jika kami mengajarkan anak didik untuk dapat membuat sesuatu yang disukainya.
  
Belajar memasak sangat dekat aplikasinya ke kehidupan anak
    
Sedangkan kriteria guru yang baik menjadi dasar teori berperilaku dan bersikap bagi kami sebagai pengajar. Dalam proses mengajar, kami mencoba mengaplikasikan teori kriteria guru yang baik kepada anak didik. Dari pengalaman mengajar kali ini, saya pribadi merasa kesulitan jika harus mengaplikasikan teori tersebut secara penuh karena banyak yang bertabrakan dengan karakter anak didik. Namun dengan adanya praktik mengajar ini, saya menjadi lebih tahu, kriteria mana yang harus dimodifikasi dan disesuaikan dengan anak didik. Sehingga secara tidak langsung, saya melakukan fungsi penelitian paedagogi kedua yang memungkinkan saya sebagai pengajar memahami, menjelaskan, membenarkan, atau memodifikasi paedagogi yang kemudian melahirkan paedagogi praktis.
Be the number one teacher!

      2.    Data hasil observasi dari proses pembelajaran oleh kelompok 6 :
Dari sisi peserta didik:
Agnesia
-          Tertawa ; menggigit kuku
-          Membantu menyusun pisang ke papan pemotongan
-          Menjilat tangannya setelah memotong pisang
-          Menjawab ‘nggak mau’ ketika diminta pengajar memotong pisang, tetapi setelahnya memotong pisang juga
-          Menjawab ‘nggak mau’ ketika diminta pengajar memarut keju, tetapi setelahnya memarut juga
-          Mencolek tetesan susu di dinding kaleng susu lalu menjilatnya
-          Memarut keju dengan satu tangan saja, tangan kanan. Gagang parutan dipegang oleh pengajar (Merry) karena Agnes tidak bersedia memegangnya
-          Makan dengan tangan kanan
-          Melambaikan tangan dengan tangan kiri
                                                                                                                                                               
Cantika
-          Memainkan piring pada saat pengajar melakukan perkenalan
-          Memakan pisang pertama yang dikupas
-          Membantu Raffles mengupas pisang berikutnya, lalu mencuci tangan
-           Tertawa ketika Agnes memotong pisang
-          Mengangkat tangan ketika ditanya kesediaan memotong pisang terakhir
-          Memasukkan jari ke hidung (mengupil)
            -          Menggaruk-garuk kepala, menopang dagu ketika pengajar
           melakukan penutupan proses pembelajaran
-          Melambaikan tangan dengan tangan kanan

Kevin
            -          Menutup mulut, mengangkat satu kaki ke atas kursi, menggaruk leher bagian
           belakang saat pengajar melakukan perkenalan
            -          Menggigit kuku, bertopang dagu, mengetuk-ngetuk meja dengan ujung jarinya
            -          Melipat tangan daan menempelkan dagunya di meja
            -          Menolak ketika diminta untuk memotong pisang
            -          Memarut keju dengan tangan kiri memegang keju dan tangan kanan memegang
           gagang parutan (terbalik)
            -          Melakukan steepling hand
            -          Melambaikan tangan dengan tangan kiri
 
Dari sisi pengajar:
Haifa
            -          Melakukan perkenalan bersama Raffles
            -          Meminta anak memperkenalkan diri
            -          Memegang sandaran kursi yang ada di depannya
            -          Membenarkan jilbab, garuk-garuk
            -          Tangan kanan banyak bergerak saat berbicara
            -          Membersihkan sampah kulit pisang, menyisihkan sisa pisang yang tidak terpakai
            -          Diam, mengawasi peserta didik. Menginstruksikan ketika Cantika salah
           memotong pisang
            -          Memanggil Kevin saat Kevin berdiri agak jauh dari kelompok
            -          Mengaduk potongan pisang yang sudah ditaburi keju
            -          Meminta anak didik melambaikan tangan
 
Merry
            -          Merekam dengan kamera saat Haifa dan Raffles melakukan perkenalan
            -          Membenarkan kacamata
            -          Melakukan pointing
            -          Memperbaiki potongan pisang
            -          Menyalakan api kompor
            -          Memberikan contoh parutan keju
            -          Memegangkan parutan untuk Agnesia
            -          Membenarkan cara Kevin memarut keju
            -          Menuangkan susu kental manis cokelat ke atas potongan pisang
            -          Melambaikan tangan ke arah kamera
  
Raffles
            -          Melakukan perkenalan bersama Haifa
            -          Bertumpu pada sandaran kursi
            -          Mengupas kulit pisang
            -          Mengutip pisang yang jatuh
            -          Memerintahkan anak didik membuang sampah di tempatnya
            -          Mengoleskan margarine di wajan, mengaduk dengan sudip, memindahkan
           pisang yang sudah masak ke piring
            -          Menasihati adik-adik agar berhati-hati dengan pisau
            -           Tidak melambaikan tangan
 
Evaluasi : Secara keseluruhan, pemahaman anak terhadap proses pembelajaran ini cukup baik, namun minat belajarnya kurang. Di beberapa bagian pembelajaran mereka tampak menyukai dan memahami, seperti ketika memotong pisang. Agnesia sebenarnya sudah berpartisipasi aktif, namun masih malu-malu. Sementara Cantika sangat berpartisipasi aktif, namun terkadang jahil kepada kami para pengajar. Sedangkan Kevin, sejak awal pembelajaran, beberapa bahasa nonverbal yang diberikan menunjukkan ketidakminatan pada proses pembelajaran ini.

Dari sisi pengajar, Merry cukup informatif. Sementara Raffles memerhatikan lebih anak didiknya, khususnya keselamatan mereka karena belajar dengan benda berbahaya. Sedangkan saya, lebih banyak diam dan memerhatikan anak didik agar bagaimana mereka tetap fokus dan tertarik pada pembelajaran ini.
  
Jika dievaluasi berdasarkan topik Paedagogi, TIK, dan Fenomena Kontemporer ...
Sebagai pengajar, kami telah berhasil menjawab beberapa pertanyaan esensial, seperti: penilaian kebutuhan materi ; strategi.
Namun masih belum berhasil menjawab pertanyaan esensial lainnya, seperti: budaya kelas ; pemecahan masalah.

Dari segi pembahasan paedagogi efektif, sebagai pengajar, kami sudah berusaha untuk :
-          Menciptakan lingkungan yang menunjang pembelajaran
-          Meningkatkan relevansi pembelajaran baru
-          Menyambungkan pembelajaran dengan pengalaman sebelumnya
-          Memberikan kesempatan untuk belajar

Sementara itu, kelompok kami juga dibantu oleh teknologi, seperti kamera
untuk merekam proses pembelajaran dan notebook untuk menonton ulang
proses pembelajaran sekaligus melakukan observasi. Keberadaan
teknologi sangat membantu dan mempermudah kami karena kami tidak
perlu membagi perhatian pada saat mengajar untuk mengobservasi.

      3.    Berdasarkan prinsip paedagogi yang dikemukakan Addine, maka pembelajaran
           pada perkuliahan Paedagogi di F. Psikologi USU semester genap T.A. 2012/2013:

   v  Kesatuan karakter ilmiah dan ideologis dari proses paedagogis
   Setiap proses paedagogis harus terstruktur berdasarkan temuan paling maju di bidang sains kontemporer dan dalam korespondensi total dengan ideologi. – Proses pembelajaran di kelas Paedagogi F. Psikologi USU semester genap T.A. 2012/2013, menurut saya, sudah terstruktur karena teratur mengikuti kontrak yang telah ditetapkan sejak awal. Proses pembelajaran juga memanfaatkan temuan paling maju di bidang sains kontemporer, seperti penggunaan facebook untuk media komunikasi dosen dengan mahasiswa, juga mahasiswa dengan mahasiswa lainnya; penggunaan blog untuk media tugas yang membuat proses pembelajaran paperless. Namun proses pembelajaran juga tidak terlepas dari konsep paedagogi.

   v  Prinsip hubungan sekolah dan kehidupan
    Proses pembelajaran di kelas Paedagogi F. Psikologi USU semester genap T.A. 2012/2013, menurut saya, sudah menerapkan prinsip ini. Hal ini terlihat dari tugas prakteknya, dimana ilmu yang dipelajari di kelas tidak hanya sebagai teori tetapi juga bisa diaplikasikan.

   v  Mengombinasikan karakter kolektif dan individual pendidikan, serta
             penghormatan terhadap kepribadian siswa
     Proses pembelajaran di kelas Paedagogi F. Psikologi USU semester genap T.A. 2012/2013, menurut saya, juga telah memenuhi prinsip ini. Dosen sangat menghargai kerja anak didik secara individu, seperti memberikan feedback satu-satu di blog anak didik. Mungkin di mata kuliah lain, dosen tidak akan melihat satu-satu kerja mahasiswanya, disamaratakan begitu saja.

   v                 Kesatuan pengajaran, pendidikan, dan perkembangan proses
   Ketika seseorang menempuh pendidikan, dia harus menjalani proses pembelajaran yang baik untuk mencapai keterdidikan. – Pada saat menempuh pendidikan di kelas Paedagogi F. Psikologi USU semester genap T.A. 2012/2013, saya merasa menjalani proses pembelajaran yang baik. Dosen tidak hanya mentransformasikan ilmu, tetapi juga melakukan strategi-strategi agar bagaimana mahasiswa memahami betul apa yang dipelajarinya serta keterkaitannya dengan kehidupan.

   v                 Domain kognitif dan afektif tidak kering
      Dalam proses paedagogis, kognitif dan afektif tidak berdiri sendiri melainkan saling berhubungan. – Sama seperti prinsip sebelumnya, pembelajaran di kelas Paedagogi F. Psikologi USU semester genap T.A. 2012/2013, tidak hanya memenuhi unsur kognitif mahasiswanya. Tetapi juga unsur afektif, dimana mahasiswa dituntut memahami dan menghayati apa yang dipelajarinya. Dalam mengajar juga, dosen tidak hanya menggunakan strategi kognitif tetapi juga melibatkan aspek afeksi untuk memperlancar proses pembelajaran
  
   v          Masing-masing subsistem aktivitas, komunikasi, dan kepribadian saling terkait
     Pada proses pembelajaran di kelas Paedagogi F. Psikologi USU semester genap T.A. 2012/2013, menurut saya, ketiga aspek itu sudah saling terkait. Terlihat ketika diminta maju ke depan pada 8 April 2013 lalu. Dengan melakukan aktivitas tertentu (menulis di papan tulis) dan mengomunikasikan apa yang dilakukan serta diberi feedback, terbentuk kepribadian mahasiswa untuk berani mencoba dan senantiasa memiliki keinginan untuk belajar.






No comments:

Post a Comment